img

JENIS TANAMAN PENGUSIR NYAMUK YANG MEMBUAT RUMAH CANTIK

Pada kenyataannya gigitan nyamuk tidak hanya membuat bintik kemerahan dan gatal pada kulit saja. Tetapi juga bisa menyebarkan penyakit lewat gigitannya. Misalnya penyakit malaria dan demam berdarah. Untuk mengusir nyamuk sendiri bisa memanfaatkan beberapa metode. Seperti fogging, menggunakan obat nyamuk dan masih banyak lainnya. Namun ada salah satu cara yang meskipun simpel tetapi cukup ampuh mengusir nyamuk. Bahkan bisa mempercantik sebuah rumah. Caranya yaitu dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

6 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Untuk jenis tanaman pengusir nyamuk sendiri terdiri dari beberapa varietas. Yang mana tidak hanya tanaman bunga saja yang bisa digunakan untuk mengurangi nyamuk. Tetapi juga tanaman dalam bentuk bumbu dapur juga bisa mengusir nyamuk. Yang mana tanaman-tanaman ini bisa diletakkan di dalam ruangan atau dalam ruangan. Apa saja? Simak dibawah ini.

  • Kamboja

Karena wanginya, terkadang bunga kamboja ini dianggap mistis. Terlebih lagi tanaman ini biasanya tumbuh di area pemakaman. Selain diambil ekstraknya, dengan menanam bunga kamboja di depan rumah akan membantu mengusir nyamuk. Supaya menjadi lebih efektif, bisa diambil beberapa daun kamboja. Kemudian daun tersebut dikeringkan, selanjutnya diletakkan di sudut-sudut rumah dengan tambahan minyak esensial lainnya.

  • Lavender

Jenis tanaman lavender sendiri memang ada banyak, namun tidak semuanya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Hanya Lavender Mesir & Salvia officinalis yang bisa digunakan mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan, lavender mengandung zat linaloor dan linalyl. Yang mana sering digunakan membuat nyamuk menjauh. Karena wanginya, lavender sendiri biasa digunakan untuk membuat lotion anti nyamuk.

  • Geranium

Walaupun tanaman ini tidak memiliki khasiat yang tinggi, tetapi tanaman ini cukup ampuh mengusir nyamuk. Bunga geranium sendiri mengandung zat geraniol dan sitroneol yang mampu menciptakan aroma wangi yang tidak disukai oleh nyamuk. Tidak hanya mampu mengusir nyamuk, nyatanya bunga geranium ini bisa digantung sebagai penghias rumah.

  • Lemon Balm

Tidak berbeda jauh dengan lemon pada umumnya untuk mengusir nyamuk. Tanaman lemon balm pun juga demikian. Meskipun namanya sama-sama lemon, tetapi tanaman lemon balm ini tidak bisa menghasilkan buah. Tetapi lebih sering disebut sebagai dun mint, namun memang memiliki aroma seperti lemon. Untuk jenis tanaman ini memiliki sitronelal. Dan untuk penanamannya harus diluar rumah, karena memiliki pertumbuhan yang cepat.

  • Serai

Tanaman jenis ini seringkali digunakan sebagai penyedap masakan. Aroma dari tanaman ini pun sering digunakan untuk mengusir nyamuk. Serai sendir memiliki aroma wangi seperti lemon, bahkan mampu membuat serangga tidak berani masuk ke rumah. Seperti kecoa atau lalat. Jenis tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup. Sehingga untuk penanamannya harus diletakkan di luar rumah.

  • Selasih

Selain bisa digunakan sebagai campuran minum dingin, ternyata tanaman selasih mampu mengusir nyamuk dalam rumah. Tanaman ini memiliki kandungan linalool, eugenol, dan geraniol. Jenis tanaman ini bisa tumbuh liar di luar rumah. Anda bisa meletakkannya di dalam pot dan menaruhnya di sekitar jendela rumah untuk mendapatkan manfaatnya.

Rumah Cantik Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

Nah sekarang tidak harus kebingungan lagi mencari orang untuk mengusir nyamuk yang ada di dalam rumah. Tanaman-tanaman di sekitar saja bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Tidak hanya itu saja, tetapi juga bisa menghias rumah menjadi lebih menarik.