img

LAKUKAN 5 CARA MUDAH INI UNTUK MENGHEMAT AIR DI RUMAH!

Air merupakan salah satu sumber alam yang tanpanya manusia sulit menjalankan kelangsungan hidup. Setiap manusia menggunakan air untuk minum, mandi, memasak, mencuci, dan lainnya. Namun apabila penggunaan air tidak diperhatikan, keberadaan air bersih mungkin akan terus menyusut hingga akhirnya tidak ada lagi persediaan air bersih.

 

Apalagi mengingat saat ini kita tengah berperang melawan pandemi global COVID-19. Hal ini tentu membuat kita lebih sering membuka keran air untuk mencuci tangan agar menjaga dari penyebaran dan penularan virus. Menambah satu lagi kegiatan yang masuk pada rutinitas sehari-hari di mana air sangat dibutuhkan.

 

Tak hanya dapat menghemat pengeluaran untuk tagihan air, menghemat penggunaan air tentu dapat memberi dampak terhadap lingkungan, khususnya menjaga persediaan air bersih demi kelangsungan hidup.

 

5 Cara Menghemat Air di Rumah

Kendati air bersih tampak melimpah ruah, tentunya bukan berarti kita dapat membuang-buang air begitu saja. Mungkin terkadang kita tidak sadar bahwa sedang menghamburkan air, tapi memang sering terjadi dimana air digunakan dengan kurang bijaksana. Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan secara rutin guna menghemat air di rumah. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara menghemat air yang dapat dipraktikkan di rumah.

 

Menutup keran saat menggosok gigi

Kegiatan menggosok gigi dapat menjadi sumber borosnya penggunaan air. Bahkan menurut sebuah penelitian, aktivitas menggosok gigi dapat menghabiskan sekitar enam liter air. Terkadang memang seseorang dapat menyalakan keran air sejak hendak memulai menyikat gigi dan terus menyalakannya hingga proses menyikat giginya selesai. Lama menyikat gigi pun rata-rata selama 2 menit. Maka dari itu, pastikan untuk hanya menyalakan keran air ketika dibutuhkan saja.

 

Hindari mandi berlama-lama

Mandi mungkin menjadi rutinitas yang menyegarkan bagi sebagian besar orang. Namun terlalu lama berada di kamar mandi dapat menghabiskan banyak air. Apalagi ketika membiarkan keran air menyala selama mandi hingga air meluber dan terbuang sia-sia. Maka dari itu penting untuk mengatur lamanya waktu mandi agar penggunaan air tetap hemat.

 

Mencuci buah dan sayur dalam wadah

Mencuci buah dan sayur yang akan dikonsumsi memang sangat penting dan jangan terlewatkan. Namun agar dapat menghemat penggunaan air, kita dapat mencuci buah dan sayur pada wadah yang berisi air. Ditambah lagi, air bekas cucian sayur dan buah ini masih dapat digunakan kembali untuk hal-hal seperti menyiram tanaman. Dengan begitu, air tidak akan terbuang sia-sia.

 

Menggunakan sabun cuci piring dan deterjen secukupnya

Cara lain menghemat air adalah dengan mengontrol penggunaan sabun cuci piring dan deterjen. Pasalnya, ketika menggunakan terlalu banyak sabun dan deterjen ketika mencuci piring dan pakaian tentunya dapat menghasilkan banyak busa sabun. Hal tersebut tentu berpengaruh pada banyaknya air yang harus terbuang untuk membilas bersih dari busa-busa sabun. Semakin banyak sabun cuci piring dan deterjen yang digunakan, maka semakin banyak pula air yang diperlukan.

 

Cek kondisi pipa dan keran air secara rutin

Hal yang terakhir namun tak kalah pentingnya adalah mengecek kondisi pipa dan keran air secara rutin. Kebocoran pada saluran pipa atau keran air bukan sesuatu yang tidak mungkin dan tentunya tidak boleh diremehkan. Demi menghemat air, periksa kondisi pipa dan keran air secara berkala untuk mengecek apakah ada kebocoran. Jika memang terdapat kebocoran, sesegera mungkin perbaiki kebocoran tersebut agar air tidak terbuang sia-sia.

 

Itu dia beberapa cara yang dapat dilakukan demi menghemat air di rumah. Karena dengan menghemat air, kita bukan hanya menghemat pengeluaran untuk tagihan air, namun juga turut serta menjaga keberlangsungan persediaan air bersih untuk anak dan cucu di masa depan.

 

 

All Comments:

Tidak ada komentar

Your Comment: